0
Dikirim pada 22 Maret 2015 di Uncategories

Ukuran pipa air merupakan hal yang perlu diperhatikan pula dalam pembuatan atau pembangunan rumah karena ukuran yang digunakan tentu disesuaikan dengan kebutuhan ataupun ketersediaannya space. Secara umum instalasi air yang digunakan dalam pembangunan rumah memiliki beberapa jenis ukuran dan juga tipe yang pada dasarnya memang bergantung pada keperluannya. Untuk instalasi air bersih pada umumnya menggunakan pipa PVC yang memiliki diameter ½ inchi dan 1 inchi dengan tipe AW. Pipa dengan ukuran dan tipe ini digunakan untuk saluran induk air bersih dari tangki air ataupun PAM yang masuk ke rumah, dan kemudian cabangnya menggunakan pipa PVC ½ inchi untuk saluran keran.

Tetapi, ada pula yang secara keseluruhan saluran air bersihnya menggunakan diameter ½ inchi, dan perbedaannya pada kekuatan tekanan air yang keluar pada masing-masing keran. Namun dalam pemasangan instansi air bersih sebaiknya dibuat berdasarkan perencanaan kamar mandi yang akan dibangun. Agar distribusi airnya merata, maka dapat dibuat dua saluran induk yang memang terpisah antara service area dan kamar mandi. Sebagai suatu saran, agar penggunaan air bersih terasa lebih nyaman, maka untuk kamar mandi yang utama dibuat saluran tersendiri tanpa menggunakan cabang yang berhubungan dengan saluran air yang lainnya. Hal tersebut dilakukan agar distribusi air bersih tekanannya tidak berkurang dengan menggunakan ukuran pipa air ½ inchi atau 1 inchi.

Sedangkan untuk saluran air kotor atau air limbah, maka ukuran pipa yang digunakannya pun berbeda dengan saluran untuk air bersih. Pada saluran air kotor, maka pipa yang digunakan adalah PVC berdiameter 4 inchi dengan tipe D. Saluran yang utama untuk air kotor atau buangan kamar mandi, cucian, dan juga air hujan, secara umum digunakan ukuran pipa air 4 inchi tipe D dan dipasang pada bagian pinggir kiri atau kanan bangunan. Selain ukuran 4 inchi dengan tipe D, maka dapat pula digunakan pipa dengan ukuran 3 inchi tipe D untuk saluran air kotor yang biasanya untuk buangan air hujan dari talang atap rumah. Anda bisa memesan pipa air di Kitz Valves indonesia untuk mendapatkan pipa yang berkualitas.



Dikirim pada 22 Maret 2015 di Uncategories
comments powered by Disqus
Profile

“ Haji/Hajjah Kitz ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 25.091 kali


connect with ABATASA